BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

Sekolahku Bersih dan Indah Dengan Kompos Buatanku

http://sdkkotamodern.bpkpenaburjakarta.or.id/wp-content/uploads/sites/37/2013/06/feqtured.jpg

Dalam rangka gerakan ” Go Green ” di lingkungan SDK PENABUR Kota Modern, mulai awal Januari 2010 di adakan gerakan peduli lingkungan dalam bentuk pembuatan kompos. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa dari kelas 1 – 6 sehingga mereka menjadi lebih peduli dan cinta lingkungan juga untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Bapak Marsudi ( Guru IPA kelas 5 ) dan Ibu Sri Suhartini ( Guru IPS kelas 4 ) dipercaya untuk memberikan bimbingan kepada para siswa.

Mengumpulkan sampah
Sampah dimasukkan ke dalam tong

Program ini merupakan program unggulan SDK PENABUR Kota Modern pada tahun pelajaran 2009-2010. Tong yang dipergunakan untuk pembuatan sampah disediakan oleh BPK PENABUR Jakarta. Delapan buah tong besar sudah tersedia dan siap dipergunakan. Sampah yang dikumpulkan berasal dari sampah organik yang dibawa siswa dari rumah dan juga sampah organik yang ada di sekolah.

Pak Marsudi di antara para siswa
Bapak Marsudi memberikan penjelasan kepada para siswa

Dalam pelaksanaannya para siswa diberikan kesempatan untuk membawa sampah organik dari rumah dengan cara bergiliran, hari Senin siswa kelas 1, Selasa siswa kelas 2, Rabu siswa kelas 3, Kamis siswa kelas 4, Jumat siswa kelas 5 dan 6. Dalam hal ini dukungan dari orang tua sangat dibutuhkan.

Panen kompos
Para siswa sedang mengeluarkan kompos dari dalam tong

Proses pembuatan kompos diawali dengan menyeleksi sampah yang ada untuk menghindari benda-benda yang berbahaya ( missal : logam, pecahan kaca, pecahan keramik, kaleng ) agar tidak ikut tercampur karena akan membahayakan pada saat memanen/mengeluarkan kompos dari tong.

Sampah organik dimasukkan ke dalam tong, lalu padatkan sambil dibasahi dengan air. Setelah sampah dipadatkan ditambahkan EM-4 untuk membantu mempercepat proses pembusukan. Sampah di dalam tong di basahi dengan air setiap 2 hari sekali dan setiap 4 – 6 hari sekali di berikan EM-4 sesuai takaran yang ditentukan. Setelah kurang lebih 4 minggu, sampah yang sudah menjadi kompos siap untuk dipergunakan.

Pengepakan kompos 1
Ibu Rosvitauli Sihombing ( Waka SDK Kota Modern ) melakukan pengepakan kompos bersama siswa

Dalam setiap proses yang dilaksanakan para siswa selalu dilibatkan dengan bimbingan dari para guru, sehingga selain membuat lingkungan yang bersih dan nyaman, diharapkan para siswa dapat mempraktekkannya di lingkungan rumah masing-masing.

Kemasan kompos
Pupuk Kompos buatan siswa SDK Kota Modern Tangerang

Pada awal bulan Februari 2010 para siswa bersama guru pembimbing dan Ibu Rosvita selaku Wakil Kepala Sekolah melakukan panen perdana. Kompos yang sudah jadi dipergunakan untuk memupuk tanaman di lingkungan sekolah. Agar lebih memberikan motivasi kepada para siswa untuk terus melanjutkan program ini, kompos dikemas dalam kantong plastik berlabel. Tampak wajah ceria dan bangga dari para siswa, bahkan ada beberapa siswa yang menginginkan untuk membeli kompos yang sudah mereka buat.  ( Yohanes Sutikna )

Foto bersama
Ibu Rosvita dan Ibu Sri Suhartini berfoto bersama dengan siswa setelah selesai melakukan pengepakan kompos.

Sekolah Kristen BPK PENABUR – SDK PENABUR Kota Modern

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 18, 2013 by and tagged , .
%d bloggers like this: