BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

Seminar Orang Tua Murid SDK Penabur Bintaro *Membangun Karakter Anak*

    Membangun Karakter Anak….???

 Apakah pertanyaan ini kerap hinggap di benak orangtua? Untuk menjawab pertanyaan ini SDK PENABUR Bintaro mencoba untuk memfasilitasinya dengan mengadakan seminar untuk para orang tua. Seminar yang bertemakan “Membangun Karakter Anak” diadakan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2011 yang lalu dengan pembicara Drs. Fidelis Waruwu, M.Sc.Ed. Berbagai tips-tips praktis diberikan oleh beliau untuk membentuk karakter anak dalam hidup sehari-hari.

Kabar gembira bagi seluruh orangtua bahwa seluruh setiap anak yang lahir membawa karakter yang positif dan jika anak memiliki karakter negatif dapat diubah menjadi positif dengan pertolongan orangtua sebagai teladan dalam hidup sehari-hari. Salah satu contoh yang bisa kita teladani adalah peristiwa yang terjadi di Jepang. Tsunami yang terjadi di Jepang juga mengakibatkan kelaparan rakyatnya, salah satu usaha yang dilakukan Perintah ialah membagikan makanan ke rakyat dengan membuatkan jalur antrian untuk mengambil makanan. Rakyat Jepang pun mengantri dengan tertib, termasuk seorang anak yang berusia 9 tahun yang berada di antrian paling belakang.

Seorang bapak yang telah mendapat makanan mengetahui bahwa persediaan makanan sudah hamper habis dan sepertinya ia tidak akan mendapatkan makanan tersebut. Bapak itu pun memberikan makanan kepada sang anak. Sikap yang mengejutkan adalah anak tersebut menaruh makanan di tempat awal mengambil makanan bersama jaketnya. Ketika ditanyakan kepada anak tersebut, ia mengatakan bahwa “orang yang mengantri di depan lebih berhak menerima makanan dari pada saya, dan mereka pun sudah mengantri lebih lama dari saya”.

Dari sikap tersebut kita belajar untuk berdisiplin, bertanggung jawab, dan menghargai orang lain. Sikap tersebut tidak serta merta ada dalam diri anak tersebut. Anak berumur sembilan tahun itu bisa melakukan hal-hal tersebut walaupun tidak ada orangtuanya.

Masih banyak lagi contoh yang akan diberikan oleh Drs. Fidelis Waruwu, M.Sc.Ed dalam seminar berikutnya yang akan kembali diadakan pada tanggal 29 Oktober 2011 yang akan datang. Oleh karena itu kami mengundang orang tua siswa khususnya kelas 4-6 untuk menghadiri seminar tersebut sebagai kepedulian orangtua dalam pembentukan karakter anak-anak.

 

 

Sekolah Kristen BPK PENABUR – SDK PENABUR Bintaro Jaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 23, 2013 by and tagged , .
%d bloggers like this: