BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

Awas, Narkoba Ada di Sekitar Kita !

PERMEN. Siapapun mengenal makanan manis ini. Tentunya kita pun menyukai makanan manis ini untuk menemani perjalanan kita ataupun dalam kegiatan lainnya. Permen memang mempunyai rasa manis yang disukai oleh semua usia dan manfaatnya yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan gula dalam permen memiliki banyak manfaat bagi tubuh loh. Tapi, jika konsumsinya berlebihan, dia akan berbalik jadi sumber penyakit.

Para ahli gizi menggolongkan gula yang terdapat dalam permen sebagai gula sederhana (simple sugar). Gula sederhana ini tidak mengandung zat gizi lainnya, seperti vitamin atau mineral. Kelompok gula lain, yakni gula kompleks (complex sugar) yang memiliki beberapa zat gizi lain seperti vitamuin dan mineral. Ada pun yang masuk golongan complex sugar adalah makanan yang mengandung zat pati seperti nasi, jagung, gandum, dan singkong.

Baik gula sederhana ataupun gula kompleks, semuanya adalah sumber karbohidrat yang oleh tubuh akan diolah menjadi glukosa. Nah, glukosa inilah yang yang akan menjadi makanan bagi sel-sel tubuh manusia. Bahkan, “Otak kita itu makanannya glukosa dan oksigen. Seseorang tidak mempunyai kemampuan beraktivitas kalau tidak memiliki glukosa,” jelas Ali Khomsan, dosen Fakultas Ekologi Manusia Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (http://knohca.multiply.com/).

Melihat pentingnya asupan gula bagi tubuh kita, saat ini banyak sekali kita jumpai beragam permen di sekitar kita dengan aneka warna dan rasa. Tapi, tahukah kamu jika permen NARKOBA telah beredar di sekitar kita?? Di Indonesia ada 3,8 juta pengguna NARKOBA, 2,6 juta diantaranya adalah wanita. Harus diwaspadai karena negara-negara disekitar Indonesia, beredar NARKOBA yang berbentuk seperti vitamin C, dengan gambar, bentuk dan warna yang menarik, dan biasa disebut YABA. Gampang saja NARKOBA YABA itu masuk menyusup dan beredar di Indonesia. Karena bentuknya yang lucu dan menarik, biasa beredar dikalangan anak TK dan SD.

Apa siy NARKOBA? NARKOBA adalah singkatan dari Narkotika dan Obat berbahaya. Selain Narkoba, istilah lain yang diperkenalkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah NAPZA yaitu singkatan dari Narkotika, Pasikotropika dan Zat adiktif lainnya. Semua istilah ini sebenarnya mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko yang oleh masyarakat disebut berbahaya yaitu kecanduan/adiksi.

Narkoba atau NAPZA merupakan bahan/zat yang bila masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak akan mempengaruhi tubuh terutama susunan syaraf pusat/otak sehingga jika disalahgunakan akan menyebabkan gangguan fisik, psikis/jiwa dan fungsi sosial (http://juansyah.wordpress.com).

Tanda-Tanda Kemungkinan Kecanduan Narkotika dan Zat adiktif (Kecanduan) (http://www.anneahira.com) :
a.    Fisik
•    berat badan turun drastis
•    mata terlihat cekung dan merah, muka pucat, dan bibir kehitam-hitaman
•    buang air besar dan kecil kurang lancar
•    sembelit atau sakit perut tanpa alasan yang jelas

b.    Emosi
•    sangat sensitif dan cepat bosan
•    bila ditegur atau dimarahi, dia malah menunjukkan sikap membangkang
•    emosinya naik turun dan tidak ragu untuk memukul orang atau berbicara kasar terhadap anggota keluarga atau orang di sekitarnya

c.    Perilaku
•    malas dan sering melupakan tanggung jawab dan tugas-tugas rutinnya
•    menunjukkan sikap tidak peduli dan jauh dari keluarga
•    takut akan air. Jika terkena akan terasa sakit – karena itu mereka jadi malas mandi
•    sering batuk-batuk dan pilek berkepanjangan, biasanya terjadi pada saat gejala  “putus zat”

Lalu, bagaimana cara kita agar tidak sampai membeli atau memakan permen NARKOBA? Berikut tips yang bisa kita simak (http://organisasi.org) :
•    permen NARKOBA biasanya bentuknya lebih kecil dan ada serbuk putih di bagian luar permen
•    tidak membeli permen yang dijual sembarangan tanpa merk yang jelas
•    tidak menerima makanan ataupun minuman dari orang yang tidak dikenal

Mari kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadap orang-orang di sekitar kita yang berusaha menghancurkan masa depan kita dengan NARKOBA. Meningkatkan iman kepada TUHAN merupakan salah satu cara agar kita selalu dilindungi olehNYA.

Sekolah Kristen BPK PENABUR – SDK PENABUR Agus Salim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 24, 2013 by and tagged .
%d bloggers like this: