BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

Memilih Yang Tepat

“Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.” (1Sam 16:17)

Bila ada 2 kado, satu dibungkus koran bekas dan yang lainnya dibungkus kertas berwarna emas. Mana yang kita pilih? Ya, mata kita tentunya tertarik pada kado kedua. Namun, apa isinya? Ternyata kado kedua itu berisi sabun mandi sedangkan kado pertama berisi arloji.
Memilih ternyata bukan hal sederhana. Mengandalkan mata saja bisa tertipu. Samuel juga pernah mengalami kesulitan memilih.

Samuel meminta saran Tuhan untuk menetapkan pilihan yang tepat. Tuhan memberikan cara-Nya, yaitu melihat tidak dengan pandangan mata yang terbatas, tetapi dengan hati. Ada yang bagus secara fisik, tetapi tidak dikenan Tuhan. Sementara yang kecil dan elok parasnya justru Tuhan berkenan. Yang kecil dan elok itu adalah Daud. Ia dikenan Tuhan bukan karena fisiknya. Daud dikenan karena saat dilakukan seleksi, ia masih bekerja. Menggembalakan domba milik ayahnya. Akhirnya Samuel melihat dan memilih Daud berdasarkan cara Tuhan melihat. Melihat dengan hati.
Mata kita melihat dan hati menentukan pilihan. Bagaimana supaya tepat? Teliti, sabar dan bila perlu mintalah pertimbangan orang lain. Pengalaman Samuel menolong kita belajar mengandalkan Tuhan. Disaat mata Samuel terbatas pandangannya, ia memerlukan Tuhan. Dalam hidup ini tiap hari kita harus memilih. Banyak hal yang perlu dipilih. Waspadalah agar tidak salah memilih.

Sekolah Kristen BPK PENABUR – SDK PENABUR Harapan Indah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 1, 2013 by and tagged , .
%d bloggers like this: