BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

Aksiku Untuk Bumi

Tim SMPK 4 Juara Pertama Green Competition 2009

 “Aksiku untuk Bumi”, demikian tema yang disuarakan oleh Green Festival 2009, suatu kegiatan yang diinisiasi oleh Green Initiative Forum (GIF) dan bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap perubahan iklim yang sedang terjadi di dunia saat ini, dengan memberikan pengetahuan cara-cara mencegah perusakan dan memelihara lingkungan. GIF merupakan konsorsium dari tujuh perusahaan nasional terkemuka yang peduli terhadap lingkungan, yakni Unilever, Sinar Mas, Panasonic, Pertamina, Kompas, Female Radio dan Metro TV.

Acara ini sendiri baru dilaksanakan pada 5-6 Desember 2009 yang lalu, namun telah didahului dengan beberapa kegiatan, di antaranya Green Competition yang dimaksudkan untuk mengedukasi murid SD dan SMP tentang kesadaran lingkungan. Untuk tingkat SMP, SMPK 4 mengirimkan lima orang wakilnya yang terpilih melalui tahap penyaringan yang dilakukan di sekolah. Mereka adalah Clifford Ananda Surya, Haryani A.S, Tamara Tango, Steven Christian dan Alberto D. Setiap siswa secara perorangan diminta menjawab soal-soal yang diberikan oleh penyelenggara.

Setelah lolos dalam tahap penyisihan tersebut, mereka harus mengikuti tes tertulis yang diadakan di SMP Dian Didaktika Jakarta Selatan masih secara perorangan. Dalam tahap ini tim SMPK 4 berhasil terpilih menjadi wakil dari Jakarta Utara di Babak Final. Namun tim harus melepaskan dua anggotanya, karena Babak Final hanya dapat diikuti oleh tiga anggota tim yang nilainya tertinggi, yaitu Clifford, Haryani dan Tamara.

Pada 5 Desember 2009, setelah resmi dibuka oleh tiga Menteri, yaituMenteri Negara Lingkungan Hidup Prof Dr Gusti Muhammad HattaMenteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, Green Festival 2009 berlangsung meriah mengambil tempat di Parkir Timur Senayan, dengan salah satu agendanya berupa Babak Final Green Competition. Dalam Babak Final ini para siswa SMPK 4 bekerja dalam satu tim yang berhadapan dengan empat tim lainnya dari masing-masing wilayah Jakarta dalam suatu ajang cerdas cermat yang terdiri dari empat babak. Mereka adalah SMPK Ipeka Puri dari Jakarta Barat, SMP Santa Maria dari Jakarta Pusat, SMPN 180 dari Jakarta Timur dan SMPI Dian Didaktika dari Jakarta Selatan. Tentu saja tiap babak tetap berlangsung cukup seru, meskipun Clifford yang menjadi juru bicara, bersama-sama dengan Haryani dan Tamara, berhasil mendominasi pertandingan dengan nilai tertinggi di setiap babak, hingga akhirnya berhasil menjadi Juara Pertama.

Tentunya banyak manfaat yang diperoleh Clifford, Haryani dan Tamara sejak awal mengikuti kegiatan hingga memenangkan kompetisi ini, termasuk mendapat bimbingan yang sangat berharga dari para guru SMPK 4 yang bekerja keras mempersiapkan tim ini. Mereka, dan juga seharusnya kita semua, akan menjadi insan yang lebih peduli lingkungan, khususnya peduli terhadap perubahan iklim dan pemanasan global yang terjadi di seluruh dunia saat ini. Kalau bukan kita yang peduli siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi ?

Sekolah kristen BPK PENABUR Jakarta – SMPK 4 PENABUR Jakarta, Kelapa Gading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 5, 2014 by .
%d bloggers like this: