BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

Dapur Umum PMR

Pada hari Kamis lalu tanggal, 24 Maret 2011, ekskur PMR melakukan sesuatu yang berbeda, bukan belajar membuat tandu, bukan belajar tentang pertolongan pertama, melainkan MEMASAK !! ^^. Kegiatan ini dinamakan Dapur Umum. Dapur umum ini dilakukan oleh tim penolong  untuk menolong korban bencana alam yang biasanya kekurangan makanan dan minuman, seperti stunami dan gempa bumi. Makanan dan minuman yang akan diberikan kepada korban haruslah makanan yang sehat dan mengandung vitamin dan mineral, yaitu 4 sehat 5 sempurna. Nah, pada hari Kamis lalu inilah dapur umum ini dipraktekan oleh anak-anak PMR P2 kelas 7 dan 8.

Seminggu sebelum dapur umum ini dipraktekan, dilakukan pembagian kelompok dan kedudukan di dalam kelompok , setiap anggota kelompok boleh memilih kedudukan yang diinginkan. Kedudukan ini contohnya adalah ketua, pengatur, distributor, juru masak, bendahara, dll. Setiap kedudukan mempunyai tugas masing-masing, tugas-tugas ini dilakukan secara bersama-sama sehingga kegiatan dapur umum ini bisa berjalan dengan baik dan lebih mudah. Nama kelompok ini diambil dari nama obat – obatan. Setelah pembagian kelompok dan kedudukan sudah selesai, dilanjutkan dengan pembagian barang dan bahan-bahan yang harus dibawa, jadi setiap kelompok harus berdiskusi menentukan makanan apa yang akan dibuat,  barang-barang dan bahan-bahan yang akan dibawa. Jadi hari Kamis minggu lalu itu anak-anak PMR mempersiapkan dapur umum yang akan mereka lakukan hari Kamis minggu depanya.

Sebelum dapur umum ini dimulai, Kak Ella menjelaskan letak-letak dapur umum ini dilakukan. Setelah itu, anak-anak mulai sibuk mempersiapkan alat-alat masak dan bahan-bahan makanan. Dapur umum ini dilakukan di kantin dan di ruang keterampilan, karena kantin tidak cukup untuk menampung semua kelompok sementara lapangan tidak bisa dipakai karena pada hari itu cuaca mendung. Setelah semua alat-alat dan bahan-bahan tertata rapi diatas meja, anak-anak mulai memasak. Guru pembina PMR, Bu. Dian, Bu Intan, Bu Handayani, Pak Nugi, memerhatikan anak-anak yang sedang sibuk memasak, sambil berjalan dari meja satu ke meja lainya. 

Waktu itu keadaan berisik sekali oleh suara anak-anak, karena mereka sangat bersemangat dalam melakukan dapur umum ini. Waktu hanya diberikan 30 menit, untuk memasak makanan. Setelah semua makanan selesai dimasak, makanan itu dibungkus oleh pembungkus makanan yang disiapkan.
Sebenarnya, makanan yang sudah dimasak ini akan dibagikan kepada korban melalui distributor, tetapi setelah makanan ini sudah selesai dimasak, makanan ini justru untuk anak-anak sendiri,karena waktu itu kita tidak sedang benar-benar membuat makanan ini untuk korban bencana alam, kita hanya sedang berlatih bagaimana cara melakukan dapur umum. Selesai, membungkus makanan, anak-anak kembali sibuk merapikan alat-alat memasak mereka, mencuci piring, membersihkan meja, membuang sampah-sampah, sementara guru-guru pembina mencicipi hasil masakan anak-anak.Setelah semuanya rapi, anak-anak pulang ke rumah masing-masing

­

 

 

 

 

 

Nah, itulah kegiatan Dapur Umum yang dilakukan anak PMR P2 minggu kemarin …

SMPK 2 PENABUR Jakarta, jl. Pembangunan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 5, 2014 by .
%d bloggers like this: