BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

Pagelaran Paskah 2010 SMPK 5 PENABUR JAKARTA

Tibalah saatnya……. Begitu ucapan terlontar dari semua panitia Pagelaran Paskah SMPK 5 Penabur Jakarta pada hari Sabtu tanggal 24 April 2010.

Proses latihan….

Dua bulan sebelumnya, mulai bulan Februari segenap panitia telah mulai bekerja, terutama para guru Apresiasi Seni, dengan komando dari Bapak Emmanuel H.F., mereka menjalankan tugasnya masing-masing. Bp. Riwanto melatih musik sekaligus coordinator penata musik, Ibu Ernawati melatih tari juga sebagai piñata tari, dan Ibu Nuning melatih paduan suara sekaligus piñata suara, selain itu Bapak Emmanual selaku sutradara melatih drama, merangkap piñata video.

Di sela-sela para guru mengajar mereka merelakan waktu untuk melatih siswa-siswi demi menyukseskan acara pagelaran paskah. Pada pagelaran paskah ini sengaja dipilih para pemain dari kelas 7 dan 8 dengan harapan tidak mengganggu belajar mereka, mengingat kelas 9 sedang mempersiapkan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.

Acara Pagelaran Paskah ini dibuat sedemikian rupa megah dengan tujuan selain merayakan Paskah juga promosi sekolah di komplek Cipinang. Dalam pagelaran ini menggunakan sound system yang baik ditambah dengan lighting yang apik untuk mendukung penampilan para siswa.
Acara Pagelaran……
 
Pada acara ini dibagi dalam beberapa urutan yaitu:

  1. Pembukaan yang diisi dengan laporan panitia Pagelaran Paskah
  2. Sambutan oleh Kepala SMPK 5 Penabuar
  3. Doa
  4. Pagelaran Paskah

Pagelaran diawali dengan iring-iringan penari Jawa, diiringi lagu Haleluya yang dinyanyikan oleh solis dalam gaya Jawa (sinden), suasana menjadi diam tenang seolah yang hadir terbawa suasana tak ada seorangpun yang bicara. Sampai di panggung gerakan penari menjadi lebih cepat diiringi ansambel musik dan paduan suara yang sedemikian rupa. Selesai tarian pembuka dilanjutkan narasi penciptaan dunia dengan ditampilkan film penciptaan dunia, sampai akhirnya diciptakan Adam dan Hawa. Dalam gerakan tarian balet sangat jelas digambarkan bagaimana Adam (Chandrean) dan Hawa (Asika) jatuh dosa, sehingga dunia menjadi gelap gulita.

Dalam Episode berikutnya Tuhan mengirimkan juru selamat, tetapi kehadirannya ditolak dengan drama penyaliban. Dalam adegan ini disuguhkan via de lorosa dari pitnu masuk Yesus disesah, ditendang oleh para tentara Romawi yang diperankan oleh Ryan (kepala pengawal) Zoar dan kawan-kawan. Sedangkan Yesus diperankan oleh Andreas Rae Yohanes. Via de lorosa ini dibawakan dengan tidak kalah baiknya, Sampai dipanggung lagu lembut yang dinyanyikan Ekaristi membuat jemaat terhanyut.

Dalam drama penyaliban digambarkan bagaimana sedihnya murid-murid Yesus terutama Maria Magdalena (Shanen) yang begitu menghayati perannya sehingga membawa semua penonton menangis terharu, pada layer digambarkan bagaimana Maria Magdalena di selamatkan oleh Yesus. Dalam kesedihannya Maria Magdalena menyanyikan lagu Tuhan masihkah Kau yang dibawakan begitu baik menambah suasana semakin pilu.

Drama penyaliban selesai saatnya pendeta memberikan kotbahnya dengan disajikan gambar-gambar penderitaan manusia. Di akhir kotbahnya pendeta mengajak jemaat untuk berbuat sesuatu karena mereka telah dimenangkan dengan paskah dan kebangkitan Kristus (sesuai dengan tema yang telah ada). Setelah kotbah doa syukur dan safaat yang cibawakan secara puisi oleh Magdalena. Dari doa syukur sudah dinyatakan bahwa tuhan telah begitu banyak memberi kebaikan kepada manusia, hanya kita sebagai manusia yang tidak sadar akan kebaikan Tuhan.. Di akhir pagelaran disajikan tarian ucapan syukur yang diiringi lagu dinyanyikan dengan begitu bersemangat oleh Eunike dan Bianca lengkap dengan ansambel musik.

Selesai sudah …….. 

Pagelaran Paskah yang melibatkan begitu banyak siswa guru dan lainnya sedikit mengundang kekecewaan panitia terutama guru, karena undangan yang banyak tidak hadir, karena terlambat diterima, (padahal undangan dikirim lewat expedisi tanggal 20 April 2010) kami tidak tahu nyangkut di mana undangan tersebut….

Kekecewaan kami bertambah ketika kami meminta dengan surat yang dikirim tanggal 21 Maret 2010 kepada Humas untuk meliput acara ini ternyata tidak datang dan tidak memberi kabar. Ketika ditanyakan  (27 April 2010) katanya surat tidak diterima dan dari humas baru bersedia kalau melibatkan beberapa sekolah.

Tapi kedua hal diatas dihibur dengan begitu banyaknya pujian dan ucapan selamat dari orang tua bahwa kami telah menyuguhkan hal yang luar biasa mereka berharap kami dapat menyuguhkan kembali tahun depan. Banyak dari orang tua yang minta copy videonya.

Bahkan banyak dari orang tua tidak mau beranjak untuk menikmati sajian pagelaran Paskah yang kedua. Sengaja Panitia melaksanakan pagelaran ini dua kali, karena apabila disajikan sekali kapasitas tempat duduk yang tidak memungkinkan. Dalam kegiatan ini juga ada kolekte/persembahan, dana persembahan akan dialokasikan untuk tambahan Live In yang akan diselenggarakan tanggal 3 – 6 Juni 2010. Pagelaran ini menyisakan perasaan dan kesan yang begitu mendalam kapan kami dapat menyelenggarakan kembali dengan lebih besar, sehingga nama Tuhan semakin dimasyurkan.

Semoga….. 
Yunianto/Wakasis SMPK 5

#gallery-1
margin: auto;

#gallery-1 .gallery-item
float: left;
margin-top: 10px;
text-align: center;
width: 33%;

#gallery-1 img
border: 2px solid #cfcfcf;

#gallery-1 .gallery-caption
margin-left: 0;

/* see gallery_shortcode() in wp-includes/media.php */

Sekolah kristen BPK PENABUR Jakarta – SMPK 5 PENABUR Jakarta, Cipinang Indah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 5, 2014 by .
%d bloggers like this: