BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

PREDATOR SMAK 3 PENABUR

http://smak3.bpkpenaburjakarta.or.id/wp-content/uploads/sites/71/2014/08/IMG_6912-300×200.jpg

Pagi pagi buta pukul 5.30, mata seakan enggan membuka kelopaknya, namun kami, siswa kelas Xtetap bersemangat untuk berkumpul di sekolah. Hari ini, kami akan melaksanakan PREDATOR (Preliminary Edutainment Occasion Originally Created by SMAK3), yaitu lintas alam yang merupakan puncak acara/hari terakhir MOPDB. Matahari belum menampakkan diri tapi anak2 kelas X dengan berpakaian seragam olahraga sudah memadati lapangan sekolah. Pak Paulus Dappa sibuk mengatur anak2 untuk masuk ke 4 bis yang telah ditentukan. Setelah semua anak masuk ke dalam bis masing2, kami semua berangkat ke Lembur Pancawati, Bogor pada pukul 07.30.
Sesampainya disana pukul 09.30, kami semua berkumpul di sebuah aula kecil untuk memulai renungan pagi terlebih dahulu yang dipimpin oleh Kak Mossele, dan renungan pagi disampaikan oleh Ibu Ari. Setelah renungan, PREDATOR is officially begin! Masih dengan name tag MOPDB, setiap anak bergabung dengan kelompok mereka masing2 dan memulai misi bersama kelompok. Namun sebelumnya, kami berjalan ke lapangan rumput beberapa meter dari pondok. Kami dibriefing tentang apa yang harus kami lakukan. Di sepanjang perjalanan, kami harus menjalani setiap tantangan yang ada dan juga mengumpulkan dedaunan kering, ranting, buah pinus, dsb. Setiap kelompok bergilir berjalan mengikuti petunjuk, yaitu panah2 yang ditempel di sepanjang perjalanan.
Pos pertama: Babi Buta. Seluruh anggota kelompok harus ditutup matanya dengan kain dan berjalan pada lintasan yang disediakan, namun tidak boleh tersentuh ‘rintangan’ yang ada, dengan cara diarahkan oleh salah satu anggota. Anggota yang tertutup matanya harus berjalan secepat2nya dari garis start sampai garis finish. Semakin banyak anggota yang mencapai garis finish, semakin tinggi pula poinnya. Sang pengarah harus bersabar dalam menginstruksikan anggota kelompok.
Usai melewati tantangan pertama, panah demi panah kami ikuti, sampailah kami pada pos kedua. Melihat pemandangan yang ada, yakinlah kami bahwa kami tidak akan keluar dalam keadaan kering setelah keluar dari pos ini. Ya, kolam renang. Nama permainan di pos kedua adalah “Rintangan Air”. Pada pos ini, tersedia sebatang bambu di atas kolam renang, dan anggota kelompok harus berjalan di atas bambu dari garis start sampai finish dalam keadaan ditimpuk bola oleh tim lawan. Kunci dari permainan ini adalah kita harus menjaga keseimbangan dan tidak tergoyahkan oleh rintangan2 yang ada. Setelah beberapa anggota basah kuyup karena tidak berhasil di pos 2, kami melanjutkan petualangan ke pos selanjutnya.
Kami sampai di sebuah kolam lumpur alami. Setelah melepas sepatu, ternyata yang harus kami lakukan adalah menangkap ikan. Hampir semua anggota kelompok kaget dan mengeluh karena jijik dengan lumpur atau mengeluh karena tidak bisa menangkap ikan. Tapi semua anak tetap wajib turun ke lumpur. Setelah pencarian yang cukup lama, ada kelompok yang mendapat ikan yang melimpah ruah, ada pula yang keluar dengan tangan kosong.
Pos 4: Teka Teki Snack. Di sini, kakak penjaga pos memberi kami selembar kertas berisi 10 soal essay: soal matematika, fisika, sejarah, dsb. Mereka sudah berpesan dari awal: “Ikuti perintah ya….”. Kami semua mulai frustasi mengerjakan soal2 materi SMP yang sebenarnya sudah banyak yang kami lupa entah itu rumusnya atau bahkan sejarah umum. Setelah mencapai nomor 7, berikut soal yang tercantum: “Ikutilah perintah berikut: buat barisan memanjang ke samping, lalu nyanyikan yel-yel supporter SMAK 3 Week, dan Mars SMAK 3.” Dan ternyata, kami hanya butuh mengerjakan soal itu saja, dan kami langsung bisa mendapat nilai sempurna. Setelah itu, kami bisa menikmati snack sebelum berlanjut ke pos berikutnya.
Pos terakhir. Pos ini terletak di sebuah lapangan sepak bola kecil, dengan beberapa pipa tergeletak di tanah. Ternyata, permainan yang harus kami jalani di sini adalah permainan Sliding Ball, dimana kami harus menyusun/menyatukan pipa2 yang terpisah dan hanya boleh memegang talinya (tidak boleh menyentuh badan pipa), lalu digelindingkan bola dari atas dan kita harus membawa bola ke ember di ujung lintasan dengan menggunakan pipa2 tersebut. Jika bola terjatuh, kami harus mengulang permainan dari garis awal. Terdengar kericuhan antar tim yang saling berteriak karena bola terus menerus jatuh sehingga mereka harus terus-menerus mengulang dari awal.
Mission accomplished! Setelah kami makan siang dan berganti pakaian, kami kembali berkumpul di aula kecil. Kami melanjutkan acara yang dipimpin oleh Pak Endar, yaitu membuat kreativitas/project/karya dari daun2 kering, buah pinus, dan ranting2 yang sudah dikumpulkan selama di perjalanan. Setelah itu Pak Endar dan Kak Joshua menjelaskan esensi dari setiap permainan dalam pos-pos yang telah kami lalui. Ternyata, permainan demi permainan menyenangkan yang telah kami lewati tadi bukan hanya sekedar permainan. Semua permainan tersebut memiliki tujuan dan makna yang sebenarnya memperkenalkan dan mempersiapkan siswa-siswi kelas X untuk masuk ke dunia baru: SMAK 3. Belajar kompak dalam tim, belajar konsentrasi pada tujuan, belajar untuk tidak terpengaruh pada rintangan2 yang ada, pantang menyerah, berusaha keras dan tidak cepat mengeluh, mendengarkan instruksi, menggali kreativitas, bersemangat dan antusias dalam belajar, dsb. Itulah yang dibutuhkan dalam proses belajar selama di SMAK3.

Blessdy Clementine, XSOS1
IMG 6912 300x200
<a href="http://smak3.bpkpenaburjakarta.or.id/wIMG 7009 300x200
IMG 6957 300x200 IMG 7002 300x200
IMG 7038 300x200
IMG 7063 300x200 IMG 7073 300x200
IMG 7171 300x200
IMG 7282 300x200

IMG 7171 300x200
IMG 7289 300x200

IMG 7292 300x200

Sekolah kristen BPK PENABUR – SMAK 3 PENABUR Jakarta, Gunung Sahari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 18, 2014 by .
%d bloggers like this: