BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

International Olympiad in Informatics 2014

http://smak3.bpkpenaburjakarta.or.id/wp-content/uploads/sites/71/2014/09/01-1024×682.jpg

Pada 13 Juli lalu saya berangkat ke Taiwan untuk mengikuti International Olympiad in Informatics (IOI) 2014, IOI merupakan kompetisi pemrograman internasional yang diikuti oleh lebih dari 80 negara, kompetisi diadakan dalam dua hari berbeda, masing-masing 5 jam.
Kompetisi hari pertama diadakan pada 15 Juli, suasana kompetisi sangat menegangkan, saya diberikan 3 buah soal, tapi saya melalukan kesalahan yang fatal, dalam lebih dari 3 jam saya hanya memikirkan satu soal, dan belum memikirkan soal yang lain, akibatnya karena strategi saya yang salah, saya meraih hasil yang cukup mengecewakan pada hari pertama.
Esok harinya kita diajak jalan-jalan untuk menenangkan pikiran mempersiapkan kompetisi hari kedua, waktu ini saya mamfaatkan untuk memotivasi diri saya meraih hasil yang lebih baik pada hari kedua.
Pada hari kedua saya menggunakan strategi yang berbeda, saya membaca ketiga soal yang diberikan terlebih dahulu, dan mengerjakan dari yang saya anggap paling mudah, tapi ternyata saya lagi lagi salah memilih soal, soal yang saya pikir paling mudah, ternyata merupakan soal tersulit, lagi-lagi saya menghabiskan waktu di soal yang salah, namun karena strategi yang lebih baik, saya masih punya waktu untuk mengerjakan soal lainnya dan meraih hasil yang cukup baik walaupun belum maksimal untuk hari kedua.
Pada malam pengumuman, saya pun mendapatkan Medali Perunggu, walaupun saya cukup kecewa karena tidak memberikan hasil maksimal, tapi saya tetap bersyukur karena mendapat kesempatan mengikuti kompetisi internasional ini dan pengalaman yang saya pikir dalam membuat saya menjadi lebih baik.
(Stefano Chiesa)

Sekolah kristen BPK PENABUR – SMAK 3 PENABUR Jakarta, Gunung Sahari

Leave a Reply

Information

This entry was posted on September 5, 2014 by .
