BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

Nilai PKBN2K dalam materi pembelajaran indera mata

http://smak3.bpkpenaburjakarta.or.id/wp-content/uploads/sites/71/2014/09/1.jpg

Puji syukur saya panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkah rahmat-Nya memberikan kepada saya satu hal yang sangat berharga. Saya mendapatkan juara II dalam Lomba Sisipan PKBN2K jenjang SMA mewakili SMAK 3 PENABUR Jakarta. Materi yang saya gunakan dalam sisipan PKBN2K adalah indera penglihatan (mata) dengan standar kompetensi menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya dalam kompetensi dasar menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin dan penginderaan) dengan indikator mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem indera manusia serta penyakit/kelainan yang terjadi pada sistem indera mata (penglihatan) dan upaya pencegahannya. Materi PKBN2K yang terkait adalah Ketekunan, Sabar, Peduli dan Rendah hati.
Saya mengambil cuplikan film tentang Helen Keller, seseorang yang mengalami kebutaan tetapi tetap gigih dalam berjuang untuk hidup sehingga berhasil menjadi “orang”. Kemudian saya juga menggunakan metode sosiodrama. Langkah awal, seorang siswa ditutup matanya lalu mencoba menemukan siswa lain sehingga ia dapat merasakan dan menyatakan kepada teman-temannya bahwa nikmat karunia-Nya akan pemberian indera penglihatan sangat berharga dan kita semua patut bersyukur.
Dengan mendapatkan keberhasilan, saya lebih terpacu untuk semakin terus menanamkan nilai- nilai PKBN2K dalam setiap materi pembelajaran, dan semoga anak didik menjadi semakin memiliki nilai-nilai PKBN2K. Amin.
Tidak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Enche W. Gunawan, S.E, M.Pd. selaku kepala SMAK 3 PENABUR Jakarta yang telah memberikan motivasi, serta untuk teman-teman sejawat yang telah membantu saya dalam mempersiapkan lomba ini, semoga Ibu dan Bapak selalu dalam lindungan-Nya. Amin.

Kusumastuti SMAK 3

20140807 154105

20140807 154123

Sekolah kristen BPK PENABUR – SMAK 3 PENABUR Jakarta, Gunung Sahari

Leave a Reply

Information

This entry was posted on September 15, 2014 by .
