BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

http://smak1.bpkpenaburjakarta.or.id/wp-content/uploads/sites/50/2014/10/Endang-Setyowati-kepsek-terbaik-tingkat-nasional.jpg


Endang Setyowati kepsek terbaik tingkat nasional
Ibu Endang Setyowati, Kepala Sekolah berprestasi tingkat Nasional

BPK PENABUR Jakarta kembali mengukir prestasi membanggakan di tingkat Nasional. Kali ini, Dra. Endang Setyowati, M.M., Kepala SMAK 1 PENABUR Jakarta meraih Juara 1 Kepala SMA Berprestasi Tingkat Nasional  pada Lomba  Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional, 13 – 15 Agustus 2014 di Hotel Millennium, Jakarta.

“Saya bersyukur kepada Tuhan untuk prestasi ini. Sejujurnya saya tidak menyangka akan meraih juara 1 karena saya merasa lemah dalam tes materi. Dalam lomba tingkat Nasional, memang ditambah tes materi dari bidang studi kita. Saya sendiri Kimia, dan ini baru diketahui saat lomba sehingga saya tidak ada persiapan. Yang saya lakukan karena saya telah menerima kepercayaan ini, maka saya berusaha keras untuk memberikan yang terbaik sebagai bentuk tanggung jawab saya, baik kepada diri sendiri, sekolah, BPK PENABUR, maupun Dinas Pendidikan DKI Jakarta,” tutur Ibu Endang terkait prestasi yang diraihnya.

Sebelum berlomba di tingkat Nasional, Ibu Endang telah melewati proses seleksi mulai tingkat Kota Jakarta Barat hingga Propinsi DKI Jakarta, yang keduanya meraih Juara 1.

Lomba di tingkat Nasional diikuti oleh 33 propinsi. Dalam lomba ini, tes terdiri dari psikotes, kompetensi kepala sekolah, kepribadian, materi bidang studi, presentasi, dan wawancara.

“Selama tiga hari lomba, para peserta harus menjaga stamina dan kesehatan. Ini karena soal yang ada sangat banyak sehingga kita dituntut untuk membaca, menjawab, dan memutuskan dengan cepat. Lomba juga dilaksanakan hingga malam hari. Saya mendapat giliran presentasi mengenai Best Practice pada pukul 22.00 WIB. Topik yang saya bawakan dalam presentasi adalah “Meningkatkan Penilaian Hasil Kinerja Guru Melalui Pendampingan Terpadu.” Saya rasa topik ini yang dinilai strategis oleh juri karena tidak hanya berlaku di SMAK 1  PENABUR saja, sehingga meyakinkan juri untuk memilih saya sebagai pemenang,” cerita Ibu Endang.

Sebagai juara 1, Ibu Endang berhak atas hadiah sebesar Rp30.000.000,-. Penyerahan hadiah secara simbolis diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Bapak Muhammad Nuh.

Banyak pengalaman yang didapatkan Ibu Endang. “Salah satunya saya menjadi tahu bagaimana merumuskan Best Practice – satu pengalaman terbaik kepala sekolah dimulai dari adanya masalah, kemudian mencoba mencari solusi, melakukan, berhasil mengatasi masalah, dan melanjutkannya. Selain itu, kami para peserta lomba juga diajak ke gedung MPR, mengikuti Upacara Kemerdekaan RI, dan silahturahmi dengan Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.”

Ibu Endang berharap tahun depan, teman-teman Kepala Sekolah maupun Guru PENABUR, dapat juga meraih prestasi ini. “Bila diberi kesempatan, ambil dan lakukan dengan sebaik mungkin karena akan banyak pengalaman yang didapatkan,” kata Ibu Endang.* (Sih)

Sekolah Kristen BPK PENABUR Jakarta – SMAK 1 PENABUR Jakarta, Tanjung Duren

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 22, 2014 by .
