BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

SMAK 3 Juara 1 Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan di IPB

http://smak3.bpkpenaburjakarta.or.id/wp-content/uploads/sites/71/2014/10/ipb.jpg

Setiap tahunnya Fakultas Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan lomba berskala nasional, yaitu Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan (LCTIP). Lomba ini menguji pengetahuan para peserta terutama seputar ilmu dan teknologi pangan.
Pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2014 yang lalu, Saya, Kelvin, bersama teman-teman saya, Robin Chandra dan Raymond Horia, didampingi oleh Ibu Ita dan Ibu Puspita, berpartisipasi dalam LCTIP XXII. Terdapat lebih dari 40 tim dari berbagai penjuru Indonesia yang berkompetisi di LCTIP tahun ini.
Pada hari pertama kami menghadapi tes tertulis di babak penyisihan. Materi yang diujikan yaitu matematika, fisika, kimia, dan biologi. Pada babak penyisihan kelompok kami berhasil menjadi peringkat satu. Pada hari yang sama juga diadakan babak perempat final yang merupakan cepat tepat. Babak perempat final cukup mendebarkan mengingat nilai semua tim akan dirangking untuk menentukan tim yang lolos ke babak berikutnya dan kami bersyukur kami dapat lolos ke semifinal.
Pada hari kedua kami mendengarkan seminar yang dibawakan oleh Prof. F.G.Winarno, yang merupakan bapak pangan Indonesia, karena kompetisi ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut hari pangan yang jatuh pada tanggal 16 Oktober. Setelah itu kami baru dibawa ke ruangan tempat bgerlangsungnya babak semifinal. Babak semifinal masih seputar cepat tepat, dengan tambahan presentasi mengenai fenomena pangan. Babak semifinal sangan mendebarkan karena hanya tiga tim dengan nilai tertinggi paralel yang akan maju ke babak final, dan tim kami mendapat nilai yang berbeda jauh dibanding tim lainnya. Tapi kami sangat bersyukur ternyata tim kami berhasil masuk ke babak final. Tim kami berada di peringkat ketiga, nilainya juga sangat tipis bedanya dengan peringkat keempat. Babak final LCTIP sangat seru. Kami ‘dihajar’ 80 soal yang merupakan campuran dari soal cepat-tepat, benar-salah, tebak gambar, organoleptik (pengujian dengan indera), dan flowchart (mengurutkan proses pengolahan pangan). Nilai tim kami terus mengungguli nilai kedua tim lainnya hingga akhir. Pada akhirnya kami dapat mempertahankan juara 1 LCTIP IPB yang sudah kami dapatkan juga tahun lalu.
Persiapan kami tahun ini sangat kurang dibandingkan tahun lalu, atau malah tidak ada persiapan sama sekali tahun ini karena kondisi SMAK 3 yang saat itu tidak memungkinkan. Oleh karena itu kami sangat bersyukur dapat mempertahankan juara 1 yang sudah kami dapat meskipun persiapan kami sangat minim.

-Kelvin Suriyaputra, SMAK 3-
ipb

Sekolah kristen BPK PENABUR – SMAK 3 PENABUR Jakarta, Gunung Sahari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 29, 2014 by .
%d bloggers like this: