BPK PENABUR Jakarta

Iman, Ilmu dan Pelayanan

Karyawisata Kelas XII SMAK 3 PENABUR JAKARTA 2014

Pada hari Rabu, 22 Oktober 2014, kami siswa-siswi kelas XII SMAK 3 PENABUR JAKARTA mengikuti karyawisata ke Bandung. Kami berkumpul di sekolah pukul 6 pagi untuk melakukan doa bersama dan mendengarkan pengarahan dari Ibu Enche selaku kepala sekolah dari SMAK 3. Llau kami pergi menuju bis masing-masing. Terdapat 4 bus yang akan kami gunakan untuk menuju ke Bandung.
Sebelum sampai ke Bandung, kami mengunjungi PT INTERCALLIN terlebih dahulu, PT INTERCALLIN merupakan singkatan dari PT International Chemical Industry, tetapi masyarakat lebih mengenal produknya yaitu batu baterai ABC dan batu baterai Alkaline. Kami diajarkan banyak hal dari PT. INTERCALLIN. Kami diberitahukan sejarah pembuatannya, jenis-jenis produk yang dihasilkan, bahkan kami diizinkan untuk masuk ke pabrik pembuatan baterai untuk melihat proses pembuatan baterai secara langsung. Terdapat sesi tanya jawab, Bu Justini, selaku guru Ekonomi kami menanyakan struktur manajemen dari produk tersebut sehingga kami, murid jurusan IPS mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai manajemen. Seluruh rombongan dijamu dengan makanan yang enak dan mendapat oleh-oleh goodie bag.
Setelah mengunjungi PT. INTERCALLIN, kami melanjutkan perjalanan kami ke Bandung. Karena perjalanan yang jauh dan sedikit macet, kami sampai di Bandung saat sore hari. Kami diturunkan di Jalan Riau dan diberi waktu bebas sampai pukul 18.30. Ada yang mengunjungi Factory Outlet, ada juga yang mencari makan malam. Setelah acara bebas, kami menuju hotel Mutiara. Seusai pembagian kamar, kami diberi waktu bebas lagi. Kami bebas keluar hotel asalkan kami pergi secara berkelompok dan kembali sebelum pukul 23.00. Saya sendiri memilih diam di dalam Hotel dan menonton RTV yang meyiarkan acara Indonesia Cerdas dan beberapa siswa-siswi SMAK3 mengikuti acara tersebut. Melihat SMAK 3 melanjutkan ke babak berikutnya saya ikut senang juga.
Keesokan harinya, kami dijadwalkan untuk mengunjungi universitas ITB dan universitas Parahyangan. Akan tetapi, karena terdapat suatu kendala, kami tidak jadi mengunjungi ITB dan mengubah destinasi menjadi Museum Geologi. Di lantai 1, kami dapat melihat banyak fossil-fossil replika dari dinosaurus. Ruangan tersebut merupakan ruang perkembangan dan evolusi dari makhluk hidup, mulai dari zaman sebelum munculnya dinosaurus hingga ruangan yang menjelaskan evolusi manusia. Lantai ke-2 dari museum tersebut merupakan ruangan tempat yang menampilkan sejarah geologi, manfaat, akibat dan sumber daya yang dihasilkan dari geologi. Kami dapat melihat dan mempelajari banyak hal seperti terjadinya tsunami, gempa bumi dan lain-lain karena hal tersebut berkaitan dengan geologi.
Seusai mengunjungi museum dan makan siang, kami menuju ke Universitas Parahyangan (UNPAR). Kami disambut oleh kakak-kakak mahasiswa UNPAR yang akan menjadi pemandu kami saat melakukan Campus Tour. Kami dibagi menjadi 2 kelompok sesuai bisnya masing-masing. Ternyata di UNPAR, sedang ada pameran yang menunjukkan hasil foto mereka melakukan ekspedisi karst di Papua. Kami juga menyaksikan video mengenai grup pencinta alam mereka (Mahitala Unpar) melakukan ekspedisi seperti Seven Summit, yaitu ketika mereka mendaki 7 gunung di berbagai belahan dunia salah satunya Everest. Setelah kami mengunjungi UNPAR, kami kembali ke hotel dan acara bebas. Karena lokasi kami dekat dengan Paris Van Java, banyak siswa-siswi mengunjungi PVJ, termasuk saya karena terakhir kali saya mengunjungi Bandung, PVJ belum ada. Di PVJ, saya bertemu banyak teman lama karena ternyata SMAK 2 PENABUR JAKARTA juga pergi ke Bandung untuk karyawisata. Selain SMAK 2, SMAK 6 juga mengunjungi Bandung untuk karyawisata.
Hari terakhir kami di Bandung, kami harus bangun pagi karena check out hotel pukul 07.00. Tujuan pertama kami adalah Prima Rasa. Banyak murid dan guru membeli oleh-oleh dari Prima Rasa seperti Brownies, Keripik Pisang, Mollen dan banyak jenis makanan lagi. Seusai dari Prima Rasa, kami mengunjungi Universitas Maranatha. Kami diajak untuk melihat video clip dan campus tour. Kami juga dipersembahkan beberapa lagu dari Paduan Suara Maranatha. Lagu khas mereka adalah Yamko Rambe Yamko. Kami dibagi menjadi belasan kelompok. Dan tiap grup dibawa ke berbagai jenis fakulktas. Kebetulan grup saya mengunjungi fakultas robotik. Kami ditunjukkan berbagai macam robot. Salah satu robot yang menarik adalah “Darwin”. Darwin merupakan robot yang dapat bermain sepak bola. Hal menarik lainnya dari Darwin adalah mukanya mirip Toothless dari How to Train Your Dragon.
Kunjungan terakhir kami adalah Nu Art. Kami diajak untuk membuat patung dari tanah liat dan melukis di atas topeng. Tidak hanya itu, hasil yang kami buat dapat kami bawa pulang ke Jakarta. Kami sampai ke Jakarta di malam hari dikarenakan macet. Walaupun banyak dari kami cukup stress karena macet yang hebat, kami senang mengikuti karyawisata ini karena karyawisata ini merupakan acara terakhir kami sebagai murid kelas XII dan kami dapat mempelajari banyak hal yang baru dari karyawisata ini.